Ada beberapa minuman khas Jepang yang wajib dicoba, terutama karena keunikan dan khasiatnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi minuman khas Jepang yang populer:

1. Matcha

  • Deskripsi: Matcha adalah bubuk teh hijau yang cukup dituang air dan diaduk hingga berbusa. Matcha kerap disajikan dalam bentuk minuman, tapi juga dapat digunakan sebagai topping kue, cookies, permen, latte, dan lain-lain.

2. Genmaicha

  • Deskripsi: Genmaicha adalah teh beras merah yang diciptakan oleh biksu Buddha dengan memadukan daun teh hijau dan batangnya dengan beras merah. Cara ini awalnya untuk mengurangi pemborosan makanan, tetapi hasilnya menjadi minuman khas Jepang yang populer.

3. Uroncha (Oolong Tea)

  • Deskripsi: Uroncha atau teh oolong adalah salah satu minuman Jepang yang paling banyak dikonsumsi. Proses oksidasinya memberikan aroma kuat yang menjadikannya pembersih langit-langit mulut yang baik. Bisa diminum saat makan siang untuk menenangkan perut.

4. Aojiru

  • Deskripsi: Aojiru adalah jus yang terbuat dari kale dan sayur mayur warna hijau. Minuman ini efektif mengurangi tanda penuaan dan mengurangi berat badan. Bahkan, diklaim mampu mencegah kanker. Populer di kalangan orang tua untuk menjaga kesehatan.

5. Sakura Tea

  • Deskripsi: Sakura Tea adalah minuman khas Jepang yang terbuat dari bunga musim semi di Jepang, Sakura. Bunga sakura yang telah diseduh dan dijadikan teh akan berasa nikmat. Teh ini cocok diminum sambil menikmati musim semi di Jepang.

6. Royal Milk Tea

  • Deskripsi: Royal Milk Tea adalah minuman khas Jepang yang dibuat oleh Lipton Jepang pada tahun 1965. Terbuat dari seduhan daun teh Darjeeling atau daun teh Asam, minuman ini menampilkan rasa yang lembut dan halus, cocok untuk dinikmati baik panas maupun dingin.

7. Sake

  • Deskripsi: Sake adalah minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi beras. Telah dinikmati di Jepang selama ribuan tahun, dengan lebih dari 1.500 pabrik sake di seluruh negeri. Rasa sake Jepang sangat bervariasi tergantung pada jenis beras, waktu fermentasi, dan aspek lainnya.

8. Shochu

  • Deskripsi: Shochu adalah minuman beralkohol lainnya yang terbuat dari beras, ubi jalar, tebu, dan barley. Rasa Shochu tergantung dari cara penyeduhamya. Varian dari ubi jalar merupakan Shochu yang paling terkenal.

9. Amazake

  • Deskripsi: Amazake adalah varian dari Sake yang lebih rendah kadar alkohol. Tekstur Amazake tersebut sedikit kental, manis dan mirip dengan rasa oatmeal. Beras yang difermentasikan sengaja tidak disaring agar teksturnya yang padat terjaga. Saking rendahnya kadar alkohol, terkadang Amazake dikonsumsi oleh anak-anak. Luck365

Dengan memilih minuman-minuman ini, Anda dapat menikmati kebudayaan dan kelezatan Jepang secara maksimal.